Pemasaran umkm menggunakan social media
MAKALAH
Peranan
social media dalam pemasaran bisnis umkm

PENYUSUN
:
THORIQ
MAHFUD CHOIRUFACHRUDIEN (17118058)
1KA30
SISTEM
INFORMASI
Pendahuluan
Semakin berkembangnya
trend penggunaan media sosial dikalangan masyarakat dan semakin berkembangnya
teknologi internet, maka dari itu berubahlah pola belanja masayarakat yg
dulunya offline merubah menjadi online.
kondisi ini ditunjang dengan semakin majunya
perangkat bergerak seluler yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat,
perkembangan kondisi yang demikian ini akan membuka aktifitas atau kegiatan
yang semakin kreatif dikalangan ibu rumah tangga untuk memanfaatkan kemajuan
teknologi seluler dalam menjalankan bisnis rumahan mereka secara online. Tidak
terbatas pada ibu rumah tangga yang tidak bekerja, ibu rumah tangga yang sibuk
bekerja juga ikut memanfaatkan peluang bisnis online tersebut.
Mengingat bisnis secara online sangat praktis
dijalankan di saat ibu rumah tangga merasa cukup punya waktu luang di sela-sela
kesibukan mereka dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Semakin berkembangnya
media jejaring sosial dikalangan masyarakat saat ini, semakin memudahkan
aktifitas penggunanya untuk memenuhi segala kebutuhan aktifitas dalam hidup,
mulai dari transaksi online, reservasi online, order online, toko online,
pembelajaran online dan lain sebagainya yang serba online.
Tersedianya perangkat
bergerak baik seluler maupun non seluler dan semakin berkembangnya teknologi
yang menyertainya tentu sangat menunjang semua aktifitas online tersebut di
atas. Situasi ini tentunya dimanfaatkan dengan sangat baik oleh ibu rumah
tangga dalam menjalankan bisnis secara online, karena dengan kehadiran
perangkat seluler, aktifitas bisnis secara online selain dapat di lakukan dari
rumah, juga dapat dilakukan secara mobile, dimanapun pelaku bisnisnya berada,
tidak terbatas tempat dan waktu. Bagi ibu rumah tangga, mampu menjalankan
bisnisnya secara online tentu membawa keuntungan sendiri, selain disibukkan
oleh aktifitas rutin sehari-hari. Bisnis online, selain hemat waktu dan
praktis, juga banyak mendatangkan keuntungan financial bagi ibu rumah tangga
yang menjalankan bisnis tersebut.
Pemanfaatan waktu untuk
menjalankan bisnis online tentu juga mampu mendatangkan penghasilan tambahan
yang nilainya tidak sedikit dan kondisi ini terus berkembang pesat, karena
menjalankan bisnis ini tidak menyita banyak waktu. Banyak ragam tipe bisnis
yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga, mulai dari produk kecantikan,
layanan jasa, produk fashion, jasa rias pengantin dan sebagainya. Selain itu,
adanya tuntutan akan memenuhi kebutuhan financial dalam hidup, akan membuat ibu
rumah tangga memanfaatkan bisnis online ini sebagai sarana mendatangkan
keuntungan tertentu selain menjaring konsumen.
Rumusan
masalah
1.
Apa keuntungan dalam menggunakan media
sosial untuk memasarkan produk?
2.
Apa kerugian dalam menggunakan media
sosial untuk memasarkan produk?
3.
Bagaimana peran media sosial dalam
memasarkan produk?
4.
Media sosial apa saja yang digunakan
untuk memasarkan produk?
Tujuan
penulisan
1.
Untuk mengetahui keuntungan dalam
menggunakan media sosial untuk memasarkan produk
2.
Untuk mengetahui kerugian dalam
menggunakan media sosial untuk memasarkan produk
3.
Untuk mengetahui peran media sosial
dalam memasarkan produk
4.
Untuk mengetahui media sosial apa saja
yang digunakan

Media sosial
Media
Sosial yaitu sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun
berdasarkan fondasi ideologis dan teknologi dari web 2.0, yang memungkinkan
terjadinya penciptaan dan pertukaran konten yang diciptakan oleh penggunanya
(Kaplan Andreas M. & Haenlein Michael, 2010:59).
Media
sosial yang digunakan atau dipilih berdasarkan trafict pengunjung suatu sosial
media tersebut karena dalam melakukan pemasaran di social media tersebut harus mempunyai trafic pengunjung
yang besar. Media social yang memiliki trafic paling tinggi yaitu adalah
facebook memiliki trafic pengunjung 120 juta pengguna dan selanjutnya media
social instagram yang memiliki pengguna 56 juta pengguna selanjutnya social
media twiter yang memiliki pengguna 19 juta . kita harus melakukan pemasaran di
social media yang tinggi dikarenakan untung memperbesar kemungkinan produk kita
di kenal lebih luas.
Perilaku konsumen
Perkembangan
internet menyebabkan perubahan pada perilaku pembelian produk oleh individu.
Sebelum melakukan pembelian, sebagian besar indvidu memperoleh informasi
mengenai pembelian dari forum, website perusahaan, atau akun Facebook. Selain
itu, sebagian besar alasan konsumen membeli produk secara online adalah transaksinya
mudah serta barang siap dikirim sampai ke rumah (Ioanas dan Stoica 2014).
Persantese menunjukan bahwa sebagian besar
pengguna internet menggunakan internet sebagai alat untuk mencari informasi
mengenai produk yang akan mereka beli di internet. Informasi produk yang paling
sering dicari melalui internet meliputi peralatan elektronik, hiburan, serta
wisata. Hal tersebut didasarkan pada kemudahan untuk mencari serta persepsi
bahwa internet adalah platform yang efektif untuk mencari informasi mengenai
produk yang mereka inginkan. Informasi serta ulasan pada media sosial juga
dianggap kredibel dan terpercaya dalam menyampaikan suatu informasi. Ulasan
pada media sosial juga dapat mendorong atau bahkan menghalangi mereka untuk
membeli produk (Yesa dan Yogesh 2014). Forbes dan Vespoli (2013) juga
menunjukan hal yang sama, bahwa pembelian melalui internet berdasarkan juga
pada rekomendasi atau ulasan banyak orang pada media sosial sebagai
pertimbangan untuk membeli suatu produk. Dari kedua penelitian tersebut
menunjukan bahwa perilaku konsumen pada era internet saat ini telah berubah.
Hal tersebut terlihat dari kecenderung konsumen yang menginginkan kemudahan
mencari informasi, bertransaksi, serta membeli produk setelah membaca ulasan
positif pada media sosial.
Perbedaan
perilaku konsumen juga dapat terlihat dari perilaku pasca pembelian. Informasi
yang diperoleh melalui media sosial dapat mempengaruhi sikap konsumen mengenai
pernyataan puas atau tidak puas pada produk yang telah dibelinya, serta
penyampaian pernyataan tersebut dapat dilakukan melalui media sosial (Mangold
dan Faulds 2009).
Kesimpulan
Penulisan karya ilmiah ini menyimpulkan penggunaan media sosial dalam strategi
pemasaran telah digunakan oleh banyak UKM. Dengan banyaknya kelebihan dan
kemudahan yang terdapat pada media sosial membuat media sosial menjadi alat
atau sarana utama penyebaran, perkenalan dan pemasaran profil perusahaan
ataupun produk UKM Meningkatnya pengguna media sosial di Indonesia menjadikan
media sosial sebagai sarana yang tepat untuk memasarkan produk terlebih lagi
dengan pengoperasian yang mudah dan tak membutuhkan biaya yang mahal. Media
sosial yang paling banyak digunakan adalah facebook, Instagram dan twitter
karena dilihat dari penggunjung terbanyak.
REFERENSI
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori
dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Karya. Bandung.
Hendroyono,Handoko. 2012. Semua Orang
Adalah Brand Gardener. Literati. Jakarta.
Kaplan, Andreas M, Michael Haenlein. 2010.
“Users of the world, opportunities of Social Media”. Bussines Horizons.
Komentar
Posting Komentar