Pemasaran umkm menggunakan social media





MAKALAH
Peranan social media dalam pemasaran bisnis umkm

Hasil gambar untuk logo gunadarma





PENYUSUN :
THORIQ MAHFUD CHOIRUFACHRUDIEN (17118058)
1KA30
SISTEM INFORMASI




Pendahuluan
Semakin berkembangnya trend penggunaan media sosial dikalangan masyarakat dan semakin berkembangnya teknologi internet, maka dari itu berubahlah pola belanja masayarakat yg dulunya offline merubah menjadi online.
 kondisi ini ditunjang dengan semakin majunya perangkat bergerak seluler yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat, perkembangan kondisi yang demikian ini akan membuka aktifitas atau kegiatan yang semakin kreatif dikalangan ibu rumah tangga untuk memanfaatkan kemajuan teknologi seluler dalam menjalankan bisnis rumahan mereka secara online. Tidak terbatas pada ibu rumah tangga yang tidak bekerja, ibu rumah tangga yang sibuk bekerja juga ikut memanfaatkan peluang bisnis online tersebut.
 Mengingat bisnis secara online sangat praktis dijalankan di saat ibu rumah tangga merasa cukup punya waktu luang di sela-sela kesibukan mereka dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Semakin berkembangnya media jejaring sosial dikalangan masyarakat saat ini, semakin memudahkan aktifitas penggunanya untuk memenuhi segala kebutuhan aktifitas dalam hidup, mulai dari transaksi online, reservasi online, order online, toko online, pembelajaran online dan lain sebagainya yang serba online.
Tersedianya perangkat bergerak baik seluler maupun non seluler dan semakin berkembangnya teknologi yang menyertainya tentu sangat menunjang semua aktifitas online tersebut di atas. Situasi ini tentunya dimanfaatkan dengan sangat baik oleh ibu rumah tangga dalam menjalankan bisnis secara online, karena dengan kehadiran perangkat seluler, aktifitas bisnis secara online selain dapat di lakukan dari rumah, juga dapat dilakukan secara mobile, dimanapun pelaku bisnisnya berada, tidak terbatas tempat dan waktu. Bagi ibu rumah tangga, mampu menjalankan bisnisnya secara online tentu membawa keuntungan sendiri, selain disibukkan oleh aktifitas rutin sehari-hari. Bisnis online, selain hemat waktu dan praktis, juga banyak mendatangkan keuntungan financial bagi ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis tersebut.
Pemanfaatan waktu untuk menjalankan bisnis online tentu juga mampu mendatangkan penghasilan tambahan yang nilainya tidak sedikit dan kondisi ini terus berkembang pesat, karena menjalankan bisnis ini tidak menyita banyak waktu. Banyak ragam tipe bisnis yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga, mulai dari produk kecantikan, layanan jasa, produk fashion, jasa rias pengantin dan sebagainya. Selain itu, adanya tuntutan akan memenuhi kebutuhan financial dalam hidup, akan membuat ibu rumah tangga memanfaatkan bisnis online ini sebagai sarana mendatangkan keuntungan tertentu selain menjaring konsumen.







Rumusan masalah
1.      Apa keuntungan dalam menggunakan media sosial untuk memasarkan produk?
2.     Apa kerugian dalam menggunakan media sosial untuk memasarkan produk?
3.     Bagaimana peran media sosial dalam memasarkan produk?
4.     Media sosial apa saja yang digunakan untuk memasarkan produk?

Tujuan penulisan
1.      Untuk mengetahui keuntungan dalam menggunakan media sosial untuk memasarkan produk
2.     Untuk mengetahui kerugian dalam menggunakan media sosial untuk memasarkan produk
3.     Untuk mengetahui peran media sosial dalam memasarkan produk
4.     Untuk mengetahui media sosial apa saja yang digunakan

Hasil gambar untuk pengguna instagram facebook twitter di indonesiaTinjauan pustaka
Media sosial
Media Sosial yaitu sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun berdasarkan fondasi ideologis dan teknologi dari web 2.0, yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran konten yang diciptakan oleh penggunanya (Kaplan Andreas M. & Haenlein Michael, 2010:59).
Media sosial yang digunakan atau dipilih berdasarkan trafict pengunjung suatu sosial media tersebut karena dalam melakukan pemasaran di social media  tersebut harus mempunyai trafic pengunjung yang besar. Media social yang memiliki trafic paling tinggi yaitu adalah facebook memiliki trafic pengunjung 120 juta pengguna dan selanjutnya media social instagram yang memiliki pengguna 56 juta pengguna selanjutnya social media twiter yang memiliki pengguna 19 juta . kita harus melakukan pemasaran di social media yang tinggi dikarenakan untung memperbesar kemungkinan produk kita di kenal lebih luas.



Perilaku konsumen
Perkembangan internet menyebabkan perubahan pada perilaku pembelian produk oleh individu. Sebelum melakukan pembelian, sebagian besar indvidu memperoleh informasi mengenai pembelian dari forum, website perusahaan, atau akun Facebook. Selain itu, sebagian besar alasan konsumen membeli produk secara online adalah transaksinya mudah serta barang siap dikirim sampai ke rumah (Ioanas dan Stoica 2014).
 Persantese menunjukan bahwa sebagian besar pengguna internet menggunakan internet sebagai alat untuk mencari informasi mengenai produk yang akan mereka beli di internet. Informasi produk yang paling sering dicari melalui internet meliputi peralatan elektronik, hiburan, serta wisata. Hal tersebut didasarkan pada kemudahan untuk mencari serta persepsi bahwa internet adalah platform yang efektif untuk mencari informasi mengenai produk yang mereka inginkan. Informasi serta ulasan pada media sosial juga dianggap kredibel dan terpercaya dalam menyampaikan suatu informasi. Ulasan pada media sosial juga dapat mendorong atau bahkan menghalangi mereka untuk membeli produk (Yesa dan Yogesh 2014). Forbes dan Vespoli (2013) juga menunjukan hal yang sama, bahwa pembelian melalui internet berdasarkan juga pada rekomendasi atau ulasan banyak orang pada media sosial sebagai pertimbangan untuk membeli suatu produk. Dari kedua penelitian tersebut menunjukan bahwa perilaku konsumen pada era internet saat ini telah berubah. Hal tersebut terlihat dari kecenderung konsumen yang menginginkan kemudahan mencari informasi, bertransaksi, serta membeli produk setelah membaca ulasan positif pada media sosial.
Perbedaan perilaku konsumen juga dapat terlihat dari perilaku pasca pembelian. Informasi yang diperoleh melalui media sosial dapat mempengaruhi sikap konsumen mengenai pernyataan puas atau tidak puas pada produk yang telah dibelinya, serta penyampaian pernyataan tersebut dapat dilakukan melalui media sosial (Mangold dan Faulds 2009).












Kesimpulan
Penulisan karya ilmiah ini menyimpulkan  penggunaan media sosial dalam strategi pemasaran telah digunakan oleh banyak UKM. Dengan banyaknya kelebihan dan kemudahan yang terdapat pada media sosial membuat media sosial menjadi alat atau sarana utama penyebaran, perkenalan dan pemasaran profil perusahaan ataupun produk UKM Meningkatnya pengguna media sosial di Indonesia menjadikan media sosial sebagai sarana yang tepat untuk memasarkan produk terlebih lagi dengan pengoperasian yang mudah dan tak membutuhkan biaya yang mahal. Media sosial yang paling banyak digunakan adalah facebook, Instagram dan twitter karena dilihat dari penggunjung terbanyak.

























REFERENSI 

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Karya. Bandung.

Hendroyono,Handoko. 2012. Semua Orang Adalah Brand Gardener. Literati. Jakarta.

Kaplan, Andreas M, Michael Haenlein. 2010. “Users of the world, opportunities of Social Media”. Bussines Horizons.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KELOMPOK MEMBUAT PROGRAM DAFTAR SISWA

Membuat aplikasi barang masuk penjualan buku