ANALISIS SISTEM MEDIA SOSIAL IG INSIGHT & WA BUSSINESS




link donwload  Donwload disini guyss




MAKALAH KELOMPOK
ANALISIS SISTEM MEDIA SOSIAL
 IG INSIGHT & WA BUSSINESS
















Disusun Oleh :
Ade Tirta Lesmana
10118118
Thoriq Mahfud Choirufachrudien
17118058
YOVIE ERLANGGA FERNANDES
17118497
Mochammad Dimas Agustia

14118183

2KA30
SISTEM INFORMASI






Pembimbing : Dian Gustina
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2019/2020

DAFTAR ISI
Daftar isi...........................................................................................................................................     2
Analisis sistem media sosial............................................................................................................      3
1.      Pengertian analisis sistem media sosial.............................................................................     3
2.      Tujuan analisis sistem media sosial...................................................................................     3
3.      Manfaat analisis sistem media sosial.................................................................................     3
4.      Bentuk bentuk analisis sistem media sosial......................................................................     3
Ig insight.............................................................................................................................................     4
1.    Hal – hal yang didapatkan ig insight.................................................................................     5
2.    Kelebihan dan kelemahan ig insight..................................................................................     5
Whatshapp bisnis..................................................................................................................................    5
1.      Kelemahan dan Kelebihan whatshapp bisnis
Kesimpulan............................................................................................................................................    6























Pergertian analisis sistem media sosial
      Analisis sistem media sosial adalah suatu penganalisasian atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai dasar sistem yang ada di platfom media sosial.
Tujuan analisis sitem media sosial
a.    Mengenal lingkungan platfom media sosial
b.    Mengenal tipe-tipe pembeli
c.    Mengetahui karakteristik pembeli.
d.    Menentukan keputusan yang tepat.
e.    Menghadapi para pesaing.
f.     Melaksanakan kebijakan dalam pemasaran.
g.    Membuat program dalam bidang pemasaran.
h.    Mengenal ciri-ciri pembeli
Manfaat analisis sistem media sosial
a.       Mudah mendapatkan konsumen
b.      Mudah melihat peluang dan strategi apa yang ingin digunakan
c.       Mengetahui trend kedepan
d.      Meminimalisirkan resiko kegagalan
Bentuk – bentuk analisis media sosial
·         Analisis deskriptif
Analisis Deskriptif merupakan metode analisis yang sering digunakan oleh mayoritas analis. Metode analisis ini umumnya sering menampilkan statistik melalui perhitungan matematis. Fungsinya adalah untuk mengetahui gambaran penyebaran data sampel atau populasi. Sehingga, data tersebut akan mudah dipahami dan lebih informatif. Umumnya, metode analisis deksriptif sering menampilkan statistik seperti rata-rata, mean, modus, dan statistik lainnya. Pada umumnya, metode analisis deskriptif sering mengkaji berbagai hal terkait kewajaran suatu kejadian, aktivitas yang menonjol maupun hubungan antar variabel data.
Dalam analisis media sosial, metode analisis ini sering digunakan untuk mengetahui rincian aktivitas pengguna di media sosial, seperti perhitungan interaksi, statistik audiensi, maupun perhitungan jumlah percakapan. Jika diklasifikasikan, umumnya beberapa pertanyaan di bawah ini akan terjawab melalui metode analisis deskriptif, seperti:
  • Berapa rata-rata Interaksi audiensi terhadap brand di media sosial.
  • Di hari apa saja audiensi aktif menggunakan media sosial.
  • Siapa saja influencer yang berpengaruh terhadap interaksi di media sosial.
  • Berapa angka pertumbuhan interaksi audiensi di setiap bulan.




·         Analisis prediktif
Analisis prediktif adalah sebuah metode analisis yang berfungsi untuk mengidentifikasi risiko dan peluang berdasarkan rekam  data yang dimiliki. Metode tersebut akan bekerja dengan cara menganalisis data tersebut untuk membuat prediksi di masa yang akan datang. Biasanya, metode analisis prediktif sering digunakan untuk proses pembelajaran mesin maupun ataupun big data.
Dalam analisis media sosial, kita bisa menggunakan metode analisis prediktif untuk menentukan strategi selanjutnya berdasarkan data perilaku pengguna di media sosial. Hal tersebut mencakup tingkat sentimen, ketertarikan pengguna, dan aktivitas pengguna. Selain itu, kita pun bisa menggunakan metode analisis tersebut untuk mengolah data tersebut menjadi sebuah laporan yang bisa digunakan untuk menunjang strategi dan inovasi di masa selanjutnya.
Sebagai contohnya, kita bisa mengevaluasi suatu produk berdasarkan sentimen pengguna di media sosial. Dari data tersebut, kita akan mengetahui secara keseluruhan segala bentuk opini yang berkenaan produk tersebut.  Jika sentimen produk tersebut cenderung negatif atau tidak disukai pengguna, tentu kita akan mengambil tindakan cepat untuk mengevaluasi produk tersebut lebih dalam. Sehingga, melalui laporan tersebut kita bisa melakukan upaya inovasi untuk membuat produk tersebut lebih diminati oleh masyarakat.

Analisis preskriptif
Lain hal dengan analisis prediktif, analisis preskriptif umumnya cenderung menampilkan rekomendasi terhadap sebuah kasus di media sosial. Metode ini bisa kita gunakan untuk mendukung pencapaian bisnis agar lebih maksimal. Dalam hal ini, ada beberapa pertanyaan yang akan terjawab melalui analisis prekriptif, seperti:
  • Konten seperti apa yang mampu meningkatkan interaksi di media sosial?
  • Produk apa yang sebaiknya di tawarkan untuk demografi di kota bandung?
  • Berapa banyak konten kuis harus dibuat supaya mampu meningkatkan perolehan Audience?
Dari 3 analisis tersebut, kita bisa menggunakan metode di atas untuk melakukan analisis media sosial lebih dalam terkait aktivitas serta peluang yang dimiliki oleh brand tersebut di media sosial. Sehingga, strategi yang akan dijalankan oleh brand akan lebih terukur dan terarah melalui perhitungan yang tepat. Pada umumnya, metode analisis di atas sering dilakukan dengan bantuan analytic tool. Fungsinya agar proses analisis yang dilakukan jauh lebih akurat, selain itu melalui bantuan tool tersebut, maka akan memudahkan kita melakukan proses pengumpulan dan pengelolaan data di media sosial.


Ig insight
Instagram Insight merupakan salah satu fitur yang ditawarkan oleh Instagram untuk mendukung kepentingan bisnis. Saat ini, sudah banyak pengguna Instagram yang mengubah profilnya dari akun pribadi atau personal account menjadi business account. Dengan mengubah akun Instagram menjadi business, kamu bisa memonitor strategi pemasaran dengan mudah. Berdasarkan jenis postingan feed maupun story, kamu bisa menjangkau orang-orang demi melakukan promosi bisnis.

Hal hal yang akan didapatkan dari ig insight
·         Activity memungkinkanmu untuk melihat bagaimana interaksi yang dilakukan oleh followers; kunjungan profil dan klik situs web dan juga grafik tentang jumlah orang yang melihat postinganmu beserta impresi yang dilakukan.
·         Content membuatmu mudah menemukan jumlah postingan yang sudah kamu unggah dalam beberapa hari ke belakang, entah itu feed atau story, dan postingan yang dipromosikan.
·         Pada bagian Audience, dipaparkan lebih jauh tentang jumlah follower, kota dan negara asal mereka, usia, gender, dan berapa lama waktu yang rata-rata mereka gunakan untuk dihabiskan di Instagram. Ada juga informasi yang menunjukkan kapan hari terbaik untuk posting karena menjadi saat paling ramai followers mengunjungi Instagram.
Kelebihan
·         Anda Kini Bisa Menentukan Waktu Terbaik untuk Posting
·         Anda Bisa Menganalisa Target Market Anda
·         Calon Pembeli Bisa Menghubungi Anda dengan Mudah
·         Membalas Komentar dengan Mudah via Fanpage
·         Informasi Kategori Instagram Bisnis
Kelemahan
·         Untuk penggunaan yang optimal cenderung berbayar
·         Untuk mendapat target market yang sesuai butuh waktu , dana yang tidak sedikit

Whatshap bisnis
            Whatshapp bisnis merupakan salah satu fitur yang di tawarkan oleh whatshapp untuk mendukung kepentingan bisnis.
Kelebihan
·         Bisa membalas chat secara otomatis
·         Lihat stastik pesan terkirim dan pesan di terima
·         Informasi kategori bisnis di whatshap




Kelemahan
·         Jangkauan yang terbatas sesuai dengan kontak yang ada
·         Kontak yang dimiliki dibatasi oleh platfom whatshap bisnis
                        
Kesimpulan
            Dalam melakukan pemasaran sistem media sosial di tentukan  tergantung pasar apa yang ingin kita jangkau atau seberapa banyak jangkauannya karena semua platfom mempunyai kelemahan dan kelebihan tergantung kebutuhan yang ada .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat aplikasi barang masuk penjualan buku

TUGAS KELOMPOK MEMBUAT PROGRAM DAFTAR SISWA