ANALISIS SISTEM MEDIA SOSIAL IG INSIGHT & WA BUSSINESS
link donwload Donwload disini guyss
ANALISIS SISTEM MEDIA SOSIAL
IG INSIGHT
& WA BUSSINESS
Disusun Oleh :
Ade Tirta Lesmana
10118118
Thoriq Mahfud Choirufachrudien
17118058
YOVIE ERLANGGA FERNANDES
17118497
Mochammad Dimas Agustia
14118183
Mochammad Dimas Agustia
14118183
2KA30
SISTEM INFORMASI
Pembimbing : Dian Gustina
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2019/2020
DAFTAR ISI
Daftar
isi........................................................................................................................................... 2
Analisis
sistem media sosial............................................................................................................ 3
1. Pengertian analisis sistem media
sosial............................................................................. 3
2. Tujuan analisis sistem media sosial................................................................................... 3
3. Manfaat analisis sistem media sosial................................................................................. 3
4. Bentuk bentuk analisis sistem media
sosial...................................................................... 3
Ig insight............................................................................................................................................. 4
1.
Hal
– hal yang didapatkan ig insight................................................................................. 5
2.
Kelebihan
dan kelemahan ig insight.................................................................................. 5
Whatshapp
bisnis.................................................................................................................................. 5
1. Kelemahan dan Kelebihan whatshapp
bisnis
Kesimpulan............................................................................................................................................ 6
Pergertian
analisis sistem media sosial
Analisis sistem media sosial adalah suatu
penganalisasian atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai dasar sistem
yang ada di platfom media sosial.
Tujuan
analisis sitem media sosial
a.
Mengenal
lingkungan platfom media sosial
b.
Mengenal
tipe-tipe pembeli
c.
Mengetahui
karakteristik pembeli.
d.
Menentukan
keputusan yang tepat.
e.
Menghadapi
para pesaing.
f.
Melaksanakan
kebijakan dalam pemasaran.
g.
Membuat
program dalam bidang pemasaran.
h.
Mengenal
ciri-ciri pembeli
Manfaat
analisis sistem media sosial
a.
Mudah mendapatkan konsumen
b.
Mudah melihat peluang dan strategi apa
yang ingin digunakan
c.
Mengetahui trend kedepan
d.
Meminimalisirkan resiko kegagalan
Bentuk
– bentuk analisis media sosial
·
Analisis
deskriptif
Analisis Deskriptif merupakan metode analisis yang sering digunakan oleh
mayoritas analis. Metode analisis ini umumnya sering menampilkan statistik
melalui perhitungan matematis. Fungsinya adalah untuk mengetahui gambaran
penyebaran data sampel atau populasi. Sehingga, data tersebut akan mudah
dipahami dan lebih informatif. Umumnya, metode analisis deksriptif sering
menampilkan statistik seperti rata-rata, mean, modus, dan statistik lainnya.
Pada umumnya, metode analisis deskriptif sering mengkaji berbagai hal terkait
kewajaran suatu kejadian, aktivitas yang menonjol maupun hubungan antar
variabel data.
Dalam analisis media sosial, metode analisis ini sering digunakan untuk
mengetahui rincian aktivitas pengguna di media sosial, seperti perhitungan
interaksi, statistik audiensi, maupun perhitungan jumlah percakapan. Jika
diklasifikasikan, umumnya beberapa pertanyaan di bawah ini akan terjawab
melalui metode analisis deskriptif, seperti:
- Berapa
rata-rata Interaksi audiensi terhadap brand di media sosial.
- Di hari
apa saja audiensi aktif menggunakan media sosial.
- Siapa
saja influencer yang berpengaruh terhadap interaksi di media sosial.
- Berapa
angka pertumbuhan interaksi audiensi di setiap bulan.
·
Analisis
prediktif
Analisis prediktif adalah sebuah metode
analisis yang berfungsi untuk mengidentifikasi risiko dan peluang berdasarkan
rekam data yang dimiliki. Metode tersebut akan bekerja dengan cara
menganalisis data tersebut untuk membuat prediksi di masa yang akan datang.
Biasanya, metode analisis prediktif sering digunakan untuk proses pembelajaran
mesin maupun ataupun big data.
Dalam analisis media sosial, kita bisa
menggunakan metode analisis prediktif untuk menentukan strategi selanjutnya
berdasarkan data perilaku pengguna di media sosial. Hal tersebut mencakup
tingkat sentimen, ketertarikan pengguna, dan aktivitas pengguna. Selain itu,
kita pun bisa menggunakan metode analisis tersebut untuk mengolah data tersebut
menjadi sebuah laporan yang bisa digunakan untuk menunjang strategi dan inovasi
di masa selanjutnya.
Sebagai contohnya, kita bisa mengevaluasi
suatu produk berdasarkan sentimen pengguna di media sosial. Dari data tersebut,
kita akan mengetahui secara keseluruhan segala bentuk opini yang berkenaan
produk tersebut. Jika sentimen produk tersebut cenderung negatif atau
tidak disukai pengguna, tentu kita akan mengambil tindakan cepat untuk
mengevaluasi produk tersebut lebih dalam. Sehingga, melalui laporan tersebut
kita bisa melakukan upaya inovasi untuk membuat produk tersebut lebih diminati
oleh masyarakat.
Analisis
preskriptif
Lain hal dengan analisis prediktif, analisis preskriptif umumnya cenderung
menampilkan rekomendasi terhadap sebuah kasus di media sosial. Metode ini bisa
kita gunakan untuk mendukung pencapaian bisnis agar lebih maksimal. Dalam hal
ini, ada beberapa pertanyaan yang akan terjawab melalui analisis prekriptif,
seperti:
- Konten
seperti apa yang mampu meningkatkan interaksi di media sosial?
- Produk
apa yang sebaiknya di tawarkan untuk demografi di kota bandung?
- Berapa
banyak konten kuis harus dibuat supaya mampu meningkatkan perolehan
Audience?
Dari 3 analisis tersebut, kita bisa menggunakan metode di atas untuk
melakukan analisis media sosial lebih dalam terkait aktivitas serta peluang
yang dimiliki oleh brand tersebut di media sosial. Sehingga,
strategi yang akan dijalankan oleh brand akan lebih terukur
dan terarah melalui perhitungan yang tepat. Pada umumnya, metode analisis di
atas sering dilakukan dengan bantuan analytic tool. Fungsinya
agar proses analisis yang dilakukan jauh lebih akurat, selain itu melalui
bantuan tool tersebut, maka akan memudahkan kita melakukan
proses pengumpulan dan pengelolaan data di media sosial.
Ig
insight
Instagram Insight merupakan salah satu fitur
yang ditawarkan oleh Instagram untuk mendukung kepentingan bisnis. Saat ini,
sudah banyak pengguna Instagram yang mengubah profilnya dari akun pribadi
atau personal account menjadi business account.
Dengan mengubah akun Instagram menjadi business, kamu bisa
memonitor strategi pemasaran dengan mudah. Berdasarkan jenis postingan feed maupun story, kamu
bisa menjangkau orang-orang demi melakukan promosi bisnis.
Hal
hal yang akan didapatkan dari ig insight
·
Activity memungkinkanmu untuk melihat bagaimana
interaksi yang dilakukan oleh followers; kunjungan profil dan
klik situs web dan juga grafik tentang jumlah orang yang
melihat postinganmu beserta impresi yang dilakukan.
·
Content membuatmu mudah menemukan jumlah postingan
yang sudah kamu unggah dalam beberapa hari ke belakang, entah itu feed atau story, dan
postingan yang dipromosikan.
·
Pada bagian Audience, dipaparkan lebih jauh tentang
jumlah follower, kota dan negara asal mereka, usia, gender, dan
berapa lama waktu yang rata-rata mereka gunakan untuk dihabiskan di Instagram.
Ada juga informasi yang menunjukkan kapan hari terbaik untuk posting karena
menjadi saat paling ramai followers mengunjungi Instagram.
Kelebihan
·
Anda Kini Bisa Menentukan Waktu Terbaik untuk
Posting
·
Anda Bisa Menganalisa Target Market Anda
·
Calon Pembeli Bisa Menghubungi Anda dengan Mudah
·
Membalas Komentar dengan Mudah via Fanpage
·
Informasi Kategori Instagram Bisnis
Kelemahan
·
Untuk penggunaan yang optimal cenderung
berbayar
·
Untuk mendapat target market yang sesuai
butuh waktu , dana yang tidak sedikit
Whatshap
bisnis
Whatshapp bisnis
merupakan salah satu fitur yang di tawarkan oleh whatshapp untuk mendukung
kepentingan bisnis.
Kelebihan
·
Bisa membalas chat secara otomatis
·
Lihat stastik pesan terkirim dan pesan di
terima
·
Informasi kategori bisnis di whatshap
Kelemahan
·
Jangkauan yang terbatas sesuai dengan
kontak yang ada
·
Kontak yang dimiliki dibatasi oleh platfom
whatshap bisnis
Kesimpulan
Dalam melakukan pemasaran sistem media sosial di
tentukan tergantung pasar apa yang ingin
kita jangkau atau seberapa banyak jangkauannya karena semua platfom mempunyai
kelemahan dan kelebihan tergantung kebutuhan yang ada .
Komentar
Posting Komentar