Strategi membangun bisnis online
Link donwload Donwload versi word
MAKALAH
Strategi
membangun bisnis online

PENYUSUN :
THORIQ MAHFUD CHOIRUFACHRUDIEN (17118058)
1KA30
SISTEM INFORMASI
Pendahuluan
Semakin berkembangnya trend penggunaan media sosial
dikalangan masyarakat dan semakin berkembangnya teknologi internet, maka dari
itu berubahlah pola belanja masayarakat yg dulunya offline merubah menjadi
online.
kondisi ini ditunjang dengan semakin majunya
perangkat bergerak seluler yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat,
perkembangan kondisi yang demikian ini akan membuka aktifitas atau kegiatan
yang semakin kreatif dikalangan ibu rumah tangga untuk memanfaatkan kemajuan
teknologi seluler dalam menjalankan bisnis rumahan mereka secara online.
Tidak terbatas
pada ibu rumah tangga yang tidak bekerja, ibu rumah tangga yang sibuk bekerja
juga ikut memanfaatkan peluang bisnis online tersebut.
Mengingat bisnis secara online sangat praktis
dijalankan di saat ibu rumah tangga merasa cukup punya waktu luang di sela-sela
kesibukan mereka dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Semakin berkembangnya
media jejaring sosial dikalangan masyarakat saat ini, semakin memudahkan
aktifitas penggunanya untuk memenuhi segala kebutuhan aktifitas dalam hidup,
mulai dari transaksi online, reservasi online, order online, toko online,
pembelajaran online dan lain sebagainya yang serba online.
Tersedianya perangkat bergerak baik seluler maupun non
seluler dan semakin berkembangnya teknologi yang menyertainya tentu sangat
menunjang semua aktifitas online tersebut di atas. Situasi ini tentunya
dimanfaatkan dengan sangat baik oleh ibu rumah tangga dalam menjalankan bisnis
secara online, karena dengan kehadiran perangkat seluler, aktifitas bisnis
secara online selain dapat di lakukan dari rumah, juga dapat dilakukan secara
mobile, dimanapun pelaku bisnisnya berada, tidak terbatas tempat dan waktu.
Bagi ibu rumah tangga, mampu menjalankan bisnisnya secara online tentu membawa
keuntungan sendiri, selain disibukkan oleh aktifitas rutin sehari-hari. Bisnis
online, selain hemat waktu dan praktis, juga banyak mendatangkan keuntungan financial
bagi ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis tersebut.
Pemanfaatan waktu untuk menjalankan bisnis online
tentu juga mampu mendatangkan penghasilan tambahan yang nilainya tidak sedikit
dan kondisi ini terus berkembang pesat, karena menjalankan bisnis ini tidak
menyita banyak waktu. Banyak ragam tipe bisnis yang dapat dijalankan oleh ibu
rumah tangga, mulai dari produk kecantikan, layanan jasa, produk fashion, jasa
rias pengantin dan sebagainya. Selain itu, adanya tuntutan akan memenuhi
kebutuhan financial dalam hidup, akan membuat ibu rumah tangga memanfaatkan
bisnis online ini sebagai sarana mendatangkan keuntungan tertentu selain
menjaring konsumen.
Rumusan
masalah :
1. Apa
keuntungan dalam berjualan online ?
2. Potensi
dalam berbisnis online ?
3. Bagaimana
memulai bisnis online ?
Tujuan
Penulisan :
1. Keuntungan
dalam berbisnis online : waktu yg lebih fleksible , modal yang sangat minim ,
resiko yang sangat minim
2. Potensi
berbisnis online yang sangat bagus dikarenakan zaman yang serba online dan
dalam berbisnis onlne dari daerah yang sangat jauh mereka bisa membeli produk
kita.
3. Tentukan
ide produk yang di jual,platfom apa yg ingin kita gunakana , strategi apa yg
ingin kita gunakana
Promosi
yang digunakan:
Promosi adalah hal yang
paling penting untuk mengundang orang datang ke Website atau Blog anda. Baik
dia sebagai calon pembeli, atau pun sebagai pengunjung yg lihat-lihat saja.
Kalo di dunia offline, pengunjung yg datang ke toko kita tidak berdampak serius
terhadap penjualan jika mereka tidak beli. Namun di dunia online, pengunjung
yang beli atau tidak beli akan berdampak bagus terhadap website anda. Baik
dampak penjualan langsung dari produk anda, maupun dampak tidak langsung dari
pemasukan iklan atau ranking website anda di Google. Agar orang se-Indonesia
tahu anda punya website, maka anda harus mengundang mereka datang berkunjung.
Mengundang pengunjung datang ke website kita bisa dilakukan dengan 2 cara;
promosi gratis dan promosi berbayar.
Jenis
jenis saluran pemasaran online
1. Layanan
Online Komersial, Internet layanan yang menawarkan informasi dan layanan
pemasaran online kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan, seperti America
online, Compuserve dan Prodigy.
2. Internet, Web global jaringan komputer yang
luas dan berkembang pesat yang tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan sentral.
Pertumbuhan
Pemasaran online Perdagangan elektronik ( E-Commerce ) adalah istilah umum
untuk proses pembelian dan penjualan yang didukung oleh sarana elektronik.
Pemasaran Online Manajemen Pemasaran Hal.
Cara melakukan pemasaran online dengan :
1. Menciptakan kehadiran online
elektronik Cara ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu a. Membeli ruang
dilayanan online komersial. b. Membentuk situs internet sendiri misalnya dengan
Situs Internet Perusahaan ( corporate Web Site ), Situs Internet Pemasaran (
marketing Web Site
2. Menempatkan Iklan Online, merupakan iklan
yang muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online / situs internet
yang mempunyai papan iklan, jendela timbul tengelam, ticker, roadblock
3. Berpartisipasi dalam forum, kelompok berita
dan masyarakat internet.
4.
Mengunakan
E-mail dan Webcasting, Yang dimaksud dengan webcasting adalah pen-download-an
secara otomatis informasiinformasi yang diminati yang sudah dikotumisasi ke PC
si penerima yang membuat saluran yang menarik mampu mengirimkan pemasangan
iklan internet / informasi lain. Peluang dan Tantangan Pemasaran Online Peluang
Pemasaran online adalah menjadi model bisnis yang penuh dan lengkap dengan
beberapa perusahaan.
Tantangan pemasaran online :
1. Keterpaparan dan pembelian konsumen yang
terbatas.
2. Demografis dan psikografis pengusaha
menjadi menyimpang.
3. Kekacauan dan kesemrawutan.
4. Keamanan.
5. Kepedulian etis.
Komentar
Posting Komentar