MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PADA MASYARAKAT


MAKALAH


MANFAAT MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PADA MASYARAKAT





PENYUSUN :

THORIQ MAHFUD CHOIRUFACHRUDIEN (17118058)

2KA30

SISTEM INFORMASI
















MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PADA  MASYARAKAT
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi. Istilah ITSM tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa inipun tidak jelas kapan dimulainya.

Manajemen Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.

MANFAAT
Adapun manfaat manajemen layanan sistem informasi adalah sebagai berikut :
  • Meningkatkan akses data yang cepat tepat waktu dan akurat bagi para pemakainya. 
  • Dapat mengidentifikasi apa saja kebutuhan kebutuhan bagi pelanggan 
  • Dapat mengantisipasi dan memahami terhadap kendala yang melibatkan teknologi baru 
  • Dengan adanya manajemen layanan sistem informasi dapat mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang lebih besar 

PERANAN
Bagi lingkungan sekitar :

1. Mendukung dalam bidang bisnis
    Penggunaan nya dapat membantu pengerjaan bisnis yang berperan sebagai penunjang dalam kegiatan perusahaan. Biasanya penggunaan nya secara rutin karena dapat menyeimbangi ke efektifan dan efisiensi dalam produksi, melihat pasar dan menghitung keuntungan yang didapat.

2. Pengambilan Keputusan Managerial.
    Dalam layanan sistem informasi dapat berperan sebagai pengambil keputusan yang ringkas. Membantu manager dalam sebuah perusahaan menjalankan proses bisnis yang telah ditetapkan.dan membantu para manajerial mengetahui kecenderungan dan dapat mengevaluasi yang diperoleh dengan menyatakan dengan suatu keputusan yang tepat,cepat dan kompetibel. 

3. Keunggulan Strategis perusahaan
    Peranan dalam strategi layanan sistem informasi dapat membantu peningkatan strategi perusahaan dalam mengembangkan di sektor internal maupun eksternal perusahaan. Dengan mengedepankan efesiensi dan efektivitas penyelesaian nya.

4. Meningkatkan strategi yang sudah ada dengan suatu layanan secara global
    Berperan sebagai layanan sistem informasi yang dapat mendukung suatu peningkatan strategi yang ada serta menambahkan strategi baru yang mampu mengimbangi strategi yang sebelumnya ditetapkan.

5. Pengawasan tingkat menengah setelah pengawasan secara manual
    Layanan sistem informasi dapat berperan sebagai pengawasan ekstra atau tambahan sebagai backup seluruh data di perusahaan.

6. Perencanaan strategi perubahan dan kebijakan (mengetahui selera konsumen, peluang pasar di tempat lain)
    Mampu merencanakan strategi dengan baik dalam mengetahui selera konsumen, peluang-peluang yang ada secara merata dan menyeluruh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat aplikasi barang masuk penjualan buku

TUGAS KELOMPOK MEMBUAT PROGRAM DAFTAR SISWA

ANALISIS SISTEM MEDIA SOSIAL IG INSIGHT & WA BUSSINESS